Pertanyaan:
Bismillah.
afwan ustad ana mau tanya.didaerah ana sholat dhuhur nya belum masuk waktu sholat.kesulitan untuk mencari masjid yang sholat setelah masuk waktu sholat.oleh karena itu ana dan para ikhwan selalu sholat dhuhur setelah para jamaah masjid selesai sholat dhuhurnya..
1 apakah ana bisa dikatakan memecah belah jamaah masjid tersebut ustad?
2 hukum sholat yang ana dan ikhwan kerjakan ini gimana?
3 solusi untuk kasus ini bagaimana ustad?
4 takmir masjid sudah sering dinasehati tapi tetap bandel ana kasihan sama jamah masjid tsb karena hakikatnya mereka belum sholat ya ustad?
baarokallohufiikum ((Abu Khonsa)

Dijawab oleh Ustadz Abu Usamah Yahya:

Bismillah, setelah kami membaca beberapa fatwa Ulama’ tentang masalah ini, yang bisa kami simpulkan adalah :
-Jika anda memang yakin bahwa shalat tersebut dilakukan sebelum masuk waktu maka kita harus menasehati imamnya dengan cara yang baik, diminta dengan santun untuk mengakhirkan shalat sejenak hingga benar-benar sudah masuk waktu dengan kita sampaikan dalil-dalil tentang hal itu dengan cara yang hikmah.
-Jika beliau menerima nasehat walhamdulillah, jika tidak mau menerima dan malah bersikeras dengan pendiriannya, maka kita mencari masjid yang lain yang shalatnya sudah masuk waktu.
-Lain lagi keadaannya kita saat itu sudah ada di dalam masjid hendak shalat jama’ah, ternyata baru kita sadari kalau shalat akan ditegakkan sebelum masuk waktu, maka kita tetap shalat di belakang imam tetapi kita meniatkan shalat sunnah, mengingat tentang perbedaan niat antara imam dan makmun dalam shalat para Ulama sudah sepakat bolehnya. Lalu setelah masuk waktu kita mengulang shalat fardhu tersebut.
(Silahkan lihat salah satu fatwa di tautan berikut : http://ferkous.com/home/?q=fatwa-144)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *